file hasil tugas dikirim lewat email ke : ar1f54@yahoo.com
dilengkapi dengan nama, kelas dan no absen
Populer Post
Adobe photoshop adalah program yang diorentasikan untuk mengedit, memodifikasi, maupun memanipulasi bitmap atau foto. Bitmap merupakan kumpulan ribuan titik-titik pixel yang tersusun hingga membentuk suatu pola gambar. Gambar bitmap yang sering kita jumpai biasanya di peroleh dari mesin-mesin seperti : Kamera digital, komputer, scaner, televisi dan alat digital lain. Kehalusan dan ketajaman bitmap atau foto sangat tergantung dari kuantitas titik-titik pixel dalam satuan luas yang di kenal dengan resolusi, satuan tersebut biasa memakai dpi (dot per inci). Dengan demikian semakin besar nilai angka resolusi dalam suatu bitmap, maka semakin halus gambar
COREL DRAW ADALAH program aplikasi berbasis vektor, yaitu gambar yang tersusun atas garis dan kurva. Hal ini yang membedakan dari program aplikasi grafis lain seperti adobe indesaign, adobe ilustrator maupun adobe photoshop. sebagai program yang memiliki platfrom pada bidang grafis khususnya yang berbasis vektor. corel draw dilengkapi edngan fasilitas-fasilitas yang memuat menu-menu tertentu dalam editing gambar vektor dan gambar bitmap.
MACROMEDIA FLASH ADALAH program canggih untuk membuat animasi dan aplikasi web. kini macromedia flash mx tidak hanya hadir untuk media web saja. tetapi mulail merambah
ke media lain seperti video, televisi, game dan pocket pc. macromedia juga digunakan untuk keperlua CD interaktif, presentasi, animasi kartun,
iklan, film, dan company profile
Navigation (Do not Edit Here!)
NILAI MADU
Pengertian & macam-macam media grafis
Pengertian Media Kata media berasal dari bahasa Latin Medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Tetapi secara lebih khusus, pengertian media dalam proses pembelajaran diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Media juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa, sehingga dapat terdorong terlibat dalam proses pembelajaran. Gagne mengartikan media sebagai berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Media adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk meyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, dapat membangkitkan semangat, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa. Pengertian Media Grafis Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar. Grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang. Fungsi Media Grafis Fungsi dari media grafis adalah menarik perhatian, memperjelas sajian pelajaran, dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan verbal. Media grafis berfungsi menyalurkan pesan dari sumber ke penerima. Saluran yang dipakain menyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan dismapaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. | Karakteristik media grafis Karakteristik media dapat dilihat menurut kemampuan membangkikan rangsangan indera penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecaoan, maupun penciuman atau kesuaiannya dengan tingkatan hierarki belajar. Untuk tujuan praktis karakteristik beberapa jenis media yang lazim digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Macam-macam media grafis a) Diagram Diagram adalah suatu gambaran-gambaran sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbale balik, terutama dengan garis-garis diagram yang baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang diperlihatkan. Berdasarkan konsep tersebut di atas, kiranya penggunaan media diagram dalam proses pembelajaran akan sangat membantu bagi guru maupun siswa dalam menyimak materi pelajaran, karena pada dasarnya diagram merupakan ringkasan visual yang padat mengenai fakta-fakta dan gagasan yang akan diuraikan. b) Grafik Grafik adalah suatu grafis yang menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan informasi statistic yang saling berhubungan (R.Warsito, 2001 : 48).Dengan berasumsi pada pengertian grafik tersebut, dalam proses belajar mengajar, grafik mempunyai fungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara statistik c) Poster Poster merupakan kombinasi visualisasi yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang lewat, tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya (1989 : 51).Media ini pada umumnya digunakan untuk mengenalkan suatu produk dari suatu perusahaan atau digunakan sebagai sarana promosi. d) Kartun Kartun adalah menggambarkan dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat (1989 : 58). Dengan berasumsi pada konsep tersebut di atas, kartun dapat digunakan sebagai alat bantu proses pengajaran walaupun banyak kartun yang membuat orang-orang tersenyum, tetapi pada dasarnya kartun mempunyai manfaat dalam proses belajar mengajar terutama dalam penjelasan rangkaian bahan satu urutan logis atau mendukung makna e) Komik Komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu berita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan di rancang untuk memberikan hiburan pada pembaca. (1989 : 69) f) Gambar Media grafis paling umum digunakan dalam PBM, karena merupakan bahasa yang umum dan dapat mudah dimengerti oleh peserta didik. Kemudahan mencerna media grafis karena sifatnya visual konkrit menampilkan objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak verbalistik. g) Bagan Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar-gambar keterangan-keterangan, daftar-daftar dan sebagainya. Bagan digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sederhana antara lain: perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi. Kelemahan dan kelebihan media grafis Kelemahan 1. Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks. 2. Penyajian pesan hanya berupa unsur visual. Kelebihan 1. Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan. 2. Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa. 3. Pembuatannya mudah dan harganya murah. sumber : http://tekpen07b.blogspot.com/2011/01/pengertian-macam-macam-media-grafis_30.html |
bagaimana memulai desain grafis
desain grafis Bagaimana memulai belajar Desain Grafis? Memang itu sebuah pertanyaan yang sangatmendasar bagi seorang desiner pemula.
Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yangmemberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, ataumengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengantujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yangdigunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafisumumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain. Ada beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis yang saya ambil dari situshttp://id.wikipedia.org/ Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ´ aplikasi dari keterampilan seni dankomunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri³. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanandan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, danlingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.Sedangkan Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ mendefinisikan desain grafissebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto danilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkanelemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna,mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat. Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka,simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagaiperangkat visual dan perangkat komunikasi. Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dankonsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis danpenjajaran (juxtaposition). Warren dalam Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat kedalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual. Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yangberhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segalapermukaan. Kategori Desain GrafisSecara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer,
pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.2. Web Desain: desain untuk halaman web.3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesionalyang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya. Program Pengolah GrafisOleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah punberbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya. 1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, danlain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dariprogram lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:- Adobe FrameMaker - Adobe In Design- Adobe PageMaker - Corel Ventura- Microsoft Publisher - Quark Xpress 2. Aplikasi Pengolah Vektor/GarisProgram yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalambentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yangdihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasiyang termasuk dalam kelompok ini adalah:- Adobe Illustrator - Beneba Canvas- CorelDraw- Macromedia Freehand- Metacreations Expression- Micrografx Designer 3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolahgambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-programtersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warnatertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yangmemiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalamkelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel.Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan programpengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:- Adobe Photoshop- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres- Metacreations Painter - Metacreations Live Picture- Micrografx Picture Publisher - Microsoft Photo Editor - QFX- Wright Image 4. Aplikasi Pengolah Film/VideoProgram yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalamberbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapatdiolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) sepertisuara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini.Yang termasuk dalam kategori ini adalah:- Adobe After Effect- Power Director - Show Biz DVD- Ulead Video Studio- Element Premier - Easy Media Creator - Pinnacle Studio Plus- WinDVD Creater - Nero Ultra Edition 5. Aplikasi Pengolah MultimediaProgram yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karyadalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dandikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi,teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebihinterktif dan menarik.Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:- Macromedia Authorware- Macromedia Director - Macromedia Flash- Multimedia Builder - Ezedia- Hyper Studio- Ovation Studio Pro source: http://slametriyanto.net